banner 728x250

Cara Menulis Motivation Letter Beasiswa yang Benar

banner 120x600
banner 468x60

sf-teacher.org – Bagi anda yang ingin mengajukan program beasiswa maka anda harus mengetahui cara menulis motivation letter beasiswa yang benar sangat besar pengaruhnya bagi dewan juri beasiswa untuk menentukan anda layak menerima beasiswa atau tidak.

Pentingnya motivation letter atau surat motivasi tidak bisa anda anggap sepele, maka dari kami SF-Teacher.com akan membahas mengenai apa itu motivation letter, pengaruh contoh motivation letter serta manfaat lengkapnya.

banner 325x300

Motivation letter sendiri bisa diartikan sebagai surat pernyataan pribadi yang menceritakan kondisi, ketertarikan, maupun motivasi anda terhadap beasiswa. Baca juga Cara Mendapat Beasiswa Kuliah Gratis dari Swasta dan Pemerintah

Cara Menulis Motivation Letter Beasiswa

Perbedaan motivation letter dan Personal Statement

Walaupun sekilas motivation letter hampir sama dengan personal statement, tetapi memiliki fungsi yang berbeda, dimana motivation letter lebih banyak diminta untuk aplikasi beasiswa baik itu swasta, perguruan tinggi dan beasiswa pemerintah. Sementara untuk personal statement umum sendiri pada umumnya diminta untuk aplikasi ke universitas. Sehingga isi suratnya pasti berbeda. Namun, tidak menutup kemungkinan personal statement juga diminta oleh program beasiswa. Hal ini biasanya terjadi jika beasiswa tersebut diberikan langsung oleh universitas dan bukan pihak ketiga.

Mengapa kelengkapan berkas beasiswa dengan motivation letter ini sangat besar pengaruhnya bagi dewan juri dalam memutuskan siapa yang berhak memperoleh beasiswa ? Sebab melalui motivation letter, dewan juri akan tahu pelamar yang benar-benar serius menginginkan beasiswa dan siapa yang sekedar cuman ikut-ikutan saja, sehingga bisa dikatakan Motivation letter merupakan instrumen untuk melihat mahasiswa yang layak menerima beasiswa atau tidak.

Baca Juga  Tips Cara Mendapatkan Beasiswa Berprestasi Di Universitas Terbaik

Jadi apabila anda ingin mengajukan beasiswa dan didalam persyaratan anda melihat persayaratan pelamar harus mengajukan motivation letter, maka anda harus mempersiapkan dokumen tersebut sebaik-baiknya setelah anda mengetahui fungsi penting motivation letter terhadap penilaian juri beasiswa.

Untuk membantu anda menyiapkan surat motivation letter, kali ini kami akan membagikan cara menulis motivation letter, motivation letter, contoh motivation letter, contoh surat motivasi yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Menulis Motivation Letter Beasiswa

Ceritakan siapa Anda

Menulis motivation letter anda harus secara lugas menceritakan secara singkat mengenai siapa diri anda. Paparkan kondisi tentang anda dalam bentuk deskripsi, sehingga dewan juri bisa memahami siapa pemohon yang sedang mereka seleksi. Menceritakan diri anda tidak perlu panjang tetapi jelas agar tidak terkesan membosankan.

Mengapa Anda pantas memperoleh beasiswa

Cara kedua ini cukup penting bagi penilaian dewan juri sehingga anda harus benar-benar cermat dalam menyusun alasan mengapa anda pantas memperoleh beasiswa dan mengapa. Uraikan di motivation letter beberapa alasan mengapa Anda layak mendapatkan beasiswa tersebut. Apa kelebihan Anda, sehingga selayaknya dewan juri memilih Anda sebagai salah satu penerima beasiswa.

Tentu tidak sekedar memantaskan diri begitu saja. Ketahui terlebih dahulu beasiswa yang dilamar, pelamar seperti apa yang mereka cari. Seumpama beasiswa tersebut adalah beasiswa riset yang mensyaratkan calonnya memiliki pengalaman riset dengan beberapa karya yang telah dihasilkan. Anda yang memenuhi kriteria tersebut, bisa memuatnya di motivation letter bahwa Anda adalah orang yang berbepengalaman melakukan riset dan telah menghasilkan beberapa karya riset membanggakan yang dimaksud. Mungkin Anda juga perlu menggambarkan dampaknya terhadap masyarakat atau lingkungan sekitar.

Alasan lain bisa Anda tambah sendiri untuk meyakinkan Dewan Juri. Tetapi tetap pada calon kriteria yang diharapkan untuk menerima beasiswa.

Minat dan tujuan Anda

Hal lain yang bisa Anda muat di motivation letter adalah minat dan tujuan Anda. Jelaskan mengapa Anda begitu tertarik dengan beasiswa yang ditawarkan. Apa yang ingin Anda capai. Misalnya ada sebuah beasiswa MBA yang ditawarkan salah satu lembaga, karena beasiswa tersebut sangat sejalan dengan pekerjaan Anda, maka Anda berkeinginan melamarnya. Di motivation letter, Anda bisa menjelaskan dampaknya bagi karir Anda dan lingkungan tempat kerja jika berhasil mendapatkan beasiswa tersebut.

Mengapa memerlukan beasiswa

Ada beberapa program beasiswa yang meminta pemohon menulis motivation letter yang salah satu poinnya adalah alasan pelamar membutuhkan beasiswa. Biasanya ini ditemukan pada beasiswa yang sifatnya bantuan, terutama mereka yang terkendala finansial atau berasal dari keluarga kurang mampu. Jika memang beasiswa tersebut meminta Anda memuat penjelasan mengapa memerlukan beasiswa, sebutkan saja kondisi sebenarnya. Misalnya, Anda adalah korban bencana alam, broken home, peperangan, kebijakan politik, dll yang menyebabkan Anda tidak mampu membiayai semua kebutuhan studi.

Rencana masa depan

Poin terakhir ini juga penting Anda muat untuk menghasilkan sebuah motivation letter yang komprehensif. Uraikan rencana masa depan Anda jika nantinya berhasil menerima beasiswa tersebut dan apa yang akan Anda lakukan jika telah menyelesaikan studi. Buatlah rencana masa depan Anda sejalan dengan visi yang ingin diraih oleh pemberi beasiswa. Maka, itu akan lebih meyakinkan dewan juri bahwa mereka tidak salah memilih Anda.

Sebagai rekomendasi, kami menyarankan Anda memiliki Buku A-Z Seputar Beasiswa dan Persiapan Kuliah ke Luar Negeri. Karena di buku tersebut diulas lebih detil langkah demi langkah penulisan Motivation Letter. Tidak itu saja, Anda juga akan diajarkan cara membuat Rencana Studi, mengisi lembar Essai beasiswa, membuat proposal penelitian, menyiapkan Curriculum Vitae terbaik, bagaimana mendapatkan Surat Rekomendasi, hingga cara menghadapi wawancara beasiswa.

Contoh motivation letter beasiswa

Di atas sudah dijelaskan cara menulis motivation letter beasiswa yang efektif. Berikut ini adalah contoh motivation letter beasiswa yang disadur dari berbagai sumber dibawah ini. Adapun contoh dibawah hanya sebagai bahan pertimbangan pembuatan motivation letter saja. Anda bisa menulis motivation letter Anda sendiri sesuai dengan kebutuhan beasiswa yang dilamar.

motivation letter beasiswa

Sekian informasi mengenai cara menulis motivation letter beasiswa bagi anda yang ingin mengajukan beasiswa agar anda bisa sukses meraih beasiswa yang anda dambakan. Baik itu beasiswa dalam negeri maupun beasiswa luar negeri.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *