banner 728x250

Tips Cara Mendapatkan Beasiswa Berprestasi Di Universitas Terbaik

cara mendapatkan beasiswa berprestasi di Universitas
banner 120x600
banner 468x60

sf-teacher.org – Mau tahu tips cara mendapatkan beasiswa berprestasi di Universitas terbaik dalam negeri maupun di luar negeri? Anda bisa tips dibawah ini.

Mendapatkan beasiswa berprestasi tentu menjadi idaman semua pelajar, dimana selain mendapatkan biaya gratis beserta fasilitas kuliah juga hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi pelajar yang mana jerih payah dan usaha mereka selalu menjadi terbaik di kelas dari bangku SD, SMP, SMU terbayarkan dengan beasiswa kuliah gratis.

banner 325x300

Beasiswa sendiri bisa dari kampus yang anda mau daftarkan atau bisa juga anda dapatkan dengan berbagai program beasiswa dari program pemerintah melalui BUMN, Bank, atau perusahaan swasta hingga perseorangan. Tapi untuk mendapatkan beasiswa berprestasi memang tidak mudah, dimana persaingannya sungguh ketat dan juga pesaing berprestasi jadi bisa dikatakan anda harus menjadi terbaik dari yang terbaik untuk berhasil mendapatkan beasiswa dengan jumlah kuota yang disediakan.

Apa saja jenis beasiswa yang bisa anda dapatkan? Simak dibawah ini macam-macam beasiswa.

cara mendapatkan beasiswa berprestasi di Universitas

Jenis-Jenis Beasiswa Pelajar

Government Scholarship

Dari namanya, anda tentu sudah bisa menebak pihak yang mengeluarkan beasiswa adalah lembaga milik pemerintah.

Anda tentu sudah sangat familiar dengan LPDP, dimana PDP adalah salah satu Government Scholarship yang dikeluarkan oleh Kemenkeu. LPDP ini sangat populer karena membantu banyak anak Indonesia untuk bisa kuliah di kampus favorit mereka ditanah air hingga di luar negeri.

Selain LPDP kemenkeu dengan LPDP, ada juga beberapa lembaga lain juga kerap mengeluarkan beasiswa. Diantaranya seperti Bappenas, LIPI, Kemenristekdikti, Bank Indonesia, Kemenkominfo, dan lainnya.

Private Scholarship

Beasiswa ini dikeluarkan oleh perusahaan swasta. Pemberian beasiswa tersebut biasanya sebagai bentuk CSR perusahaan.

Beberapa beasiswa dari lembaga swasta yang diketahui masih aktif adalah: Djarum Beasiswa Plus, Beasiswa ASTRA, Beasiswa YBM BRI, Beasiswa BCA Finance, Beasiswa CIMB ASEAN, Beasiswa Tokopedia, dll.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Beasiswa ke Jepang bagi lulusan SMA/sederajat dan S1

University Scholarships

Ini adalah jenis beasiswa yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi. Baik perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi luar negeri, kerap memberikan beasiswa.

Beberapa contoh yang beredar diantaranya: Beasiswa Adelaide University Australia, Beasiswa President University Indonesia, Beasiswa Prestasi UGM, Beasiswa APERTI BUMN (Beasiswa Kampus BUMN), Beasiswa University of London, dll.

Community Organisasi

Beasiswa ini diberikan oleh suatu yayasan atau organisasi tertentu. Beberapa contohnya: Beasiswa dari The Habibie Center, Yayasan Beasiswa Jakarta, Beasiswa Van Deventer-Maas.

Setiap yayasan memiliki nilai-nilai tertentu yang dihidupi. Nah sasaran yang diberikan beasiswa mengacu pada nilai-nilai yang diusungnya.

Beasiswa International

Jenis beasiswa ini biasanya dikeluarkan oleh negara maju yang memiliki duta besar di Indonesia atau lembaga dunia. Beasiswa diberikan pada anak Indonesia untuk bisa berkuliah di luar negeri.

Salah satu contohnya adalah beasiswa USAID yang dikeluarkan pemerian Amerika. Pelajar Indonesia yang mendapatkan beasiswa ini bisa berkuliah di kampus Amerika.

Selain itu ada juga Beasiswa Chevening yang dikeluarkan Inggris. Beasiswa Australia Award yang dikeluarkan pemerintah Australia. Beasiswa World Bank dan negara lain seperti Jepang, Korea selatan, Kanada dan lain-lain. Baca juga Cara Mendapatkan Beasiswa ke Jepang bagi lulusan SMA/sederajat dan S1

Cara Mendapatkan Beasiswa Berprestasi Di Universitas Terbaik

Bagi anda yang merupakan pelajar yang berprestasi atau anda orang tua/wali siswa yang mencari cara mendapatkan beasiswa berprestasi untuk melanjutkan kuliah di Universitas terbaik didalam negeri maupun diluar negeri, simak cara-cara yang bisa anda lakukan sebagai berikut.

Persiapkan Kapasitas Diri

Hindari rasa terlalu cepat puas dengan prestasi yang sudah anda dapatkan. Beasiswa prestasi memang mengukur pencapaian prestasi. Tapi jangan sekedar berfokus pada banyaknya prestasi, pastikan prestasi anda juga bisa bermanfaat.

Baca Juga  Beasiswa OSC Terbaru 2022 untuk Kuliah S1 Full Scholarship bagi Pelajar dan Lulusan SMA/Sederajat

Selain itu, anda harus tetap belajar atau berlatih supaya prestasi anda bisa dipertanggung jawabkan.

Seleksi beasiswa cukup sulit. Anda biasanya akan di tes dengan berbagai hal seperti tes wawancara, tes pemberkasan, tes tertulis dan sebagainya. Maka dari sebaiknya lakukan berbagai persiapan untuk menghadapi berbagai tes tersebut sebagai wujud tekad dan kemauan keras anda berusaha mendapatkan beasiswa.

Kumpulkan Informasi

Jangan malas mencari informasi. Beasiswa prestasi tidak akan datang menghampiri. Anda harus bergerak lebih dulu, bersikaplah proaktif mencari informasi beasiswa 2020-2021,salah satunya di website SF-Teacher.org ini, dimana anda bisa menemukan berbagai macam jenis informasi beasiswa terbaru.

Anda juga bisa mengecek riset lembaga-lembaga yang sering mengeluarkan beasiswa. Cek timeline atau jadwal pendaftaran, syarat-syarat, dan sebagainya dan perhatikan dengan seksama apakah masih ada beasiswa prestasi 2020 yang belum mencapai deadline.

Kumpulkan juga informasi mengenai beasiswa yang relevan dengan prestasimu.

Selain dari website, anda juga bisa meminta rekomendasi dari guru, dosen atau kakak tingkat.

Daftar Lebih Awal

Apabila informasi pendaftaran sudah anda ketahui, maka jangan terlalu lama memilih dan segera action dengan mendaftarkan diri anda begitu gelombang pendaftaran telah terbuka. Bahkan semakin cepat berkas anda masuk, pihak pemberi beasiswa bisa lebih lama mempertimbangkan nama anda.

Perhatikan juga masalah pemberkasan. Lengkapi seluruh berkas yang dipersyaratkan, jangan sampai ada terlewat. Kesalahan administrasi semacam ini kerap menjadi penyebab kegagalan.

Persiapkan Essay dan CV Menarik

Lembaga yang mengeluarkan beasiswa biasanya meminta essay dan CV sebagai salah satu syarat. Buatlah sesuatu yang bisa menarik perhatian penguji.

Cari banyak referensi untuk menunjang pembuatan Essay dan CV. Jangan lupa, utamakan kejujuran.

Kuasai Bahasa Inggris

Tidak bisa dipungkiri, penggunaan Bahasa Inggris dalam dunia pendidikan sangat diperlukan. Sebagai calon penerima beasiswa, ada baiknya anda belajar bahasa Inggris lebih serius. Usahakan anda menguasai bahasa Inggris hingga pada level advance. Apalagi bagi anda yang memiliki target mendaftar ke kampus luar negeri dimana ada standar nilai TOEFL yang dipersyaratkan.

Baca Juga  Cara Menulis Motivation Letter Beasiswa yang Benar

Siapkan Back Up Plan

Mendaftar beasiswa tidak semudah yang anda bayangkan. Jadi apabila anda sudah mendaftar satu beasiswa, maka sebaiknya anda juga mencari beberapa alternatif lainnya. Jadi, pada saat satu beasiswa di tolak, anda mempunyai cadangan dan bisa langsung bersiap untuk apply ke beasiswa lainnya.

Sekian informasi mengenai cara mendapatkan beasiswa berprestasi di Universitas terbaik dalam negeri maupun di luar negeri. Semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda yang mencari informasi beasiswa untuk anda daftar.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *